Istilah Matematika Thailand 2



สวัสดีครับ
    Hai sobat Thailandia, pada artikel kali ini saya akan melanjutkan pembahasan dari artikel sebelumnya tentang istilah-istilah dunia matematika dalam bahasa Thailand. Bagi yang belum sempat membaca artikel sebelumnya dapat klik disini Istilah Matematika Thailand 1.

1. Desimal/Persepuluhan
Desimal atau เลขฐานสิบ (Lâek thǎan sìp) Merupakan istilah matematika untuk menyebut angka yang bukan berbentuk pecahan. Di Indonesia, kita menggunakan simbol "koma (,)" untuk menunjukan desimal. Sedangkan diluar negri dan Thailand menggunakan "titik (.)" Atau disebut dengan จุด (jùt) untuk menunjukan desimal,contoh:
0,9 (ศูนย์จุดเก้า) Sǔun jùt gâo
10,5 (สิบจุดห้า) Sìp jùt hâa

2. Lebih dari 
มากกว่ (Mâak gwàa) disimbolkan dengan "Tanda siku (>)" yang meruncing kearah kanan. Menandakan bahwa nilai yang di maksud/dicari lebih besar dari pada nilai yang tertera, contoh:
> 5 (มากกว่าห้า) Mâak gwàa hâa
> 10 (มากกว่าสิบ) Mâak gwàa sìp

3. Kurang dari
น้อยกว่า (Nóoy gwàa) memiliki simbol siku meruncing kearah kiri. Menandakan bahwa nilai yang dimaksud/dicari lebih kecil dibandingkan dengan nilai yang tertera, contoh:
< 5 (น้อยกว่าห้า) Nóoy gwàa hâa
< 10 (น้อยกว่าสิบ) Nóoy gwàa sìp

4. Pangkat 
Eksponen atau biasa kita sebut dengan perpangkatan memiliki nama thailand
เลขยกกำลัง Lêek yók gam lang. Disimbolkan dengan angka kecil yang berada diatas angka lain. Kata "Pangkat" sendiri dalam bahasa Thailand disebut ยกกำลัง (yók gam lang). Contoh:
2³ (สองยกกำลังสาม) Sǒong yók gamlang sǎam
10⁴ (สิบยกกำลังสี่) Sìp yók gamlang sìi
2x10⁴ (สองคูณสิบยกกำลังสี่) Sǒong khuun Sìp yók gamlang sìi

5. Akar kuadrat
Ketika menyebut akar, maka ada 2 kosa kata yang bisa kalian gunakan yaitu  รากที่สอง (Râak thîi sǒong) dan  สแควร์รูท (Sà khwae rûut). Sedangkan untuk menyebut akar pangkat 3 kalian bisa menggunakan รากที่ 3  (Râak thîi sǎam). Contoh:

Untuk mengucapkan √25 kalian bisa menggunakan kalimat berikut:
a. รากที่สองของยี่สิบห้า  (Râak thîi sǒong kŏng yîi sìp hâa)
b. รากยี่สิบห้า (Râak yîi sìp hâa)
c. สแควร์รูทยี่สิบห้า (Sà khwae rûuyîi sìp hâa)

6. Persamaan (สมการ) Sà má gaan
Merupakan suatu kalimat matematika yang menjelaskan bahwa pernyataan disebelah kiri "sama dengan" = pernyataan disebelah kanan "sama dengan". Contoh:
6+y = 8
2x+5x = 14

7. Variabel
ตัวแปร (tua prae) atau variabel merupakan komponen dalam matematika yang berupa huruf seperti "a","b","c","x","y" ataupun "z".

8. Formula 
Formula (rumus) disebut dengan สูตร (sùut), merupakan suatu susunan simbol matematika  yang digunakan untuk mencari jawaban atau hasil dengan suatu cara, contoh: Rumus luas lingkaran, rumus logaritma.

9. Angka/bilangan ganjil เลขคี่ (khîi)
Berupa angka ganjil seperti 1,3,5,7,9,11 dst.

10. Angka/bilangan genap เลขคู่ (khûu)
Berupa angka genap seperti 2,4,6,8,10,12 dst.

11. Trigonometri ตรีโกณมิติ (dtrii goon mí tì)
Trigonometri merupakan cabang dari ilmu matematika yang membahas tentang hubungan dan bagaimana cara mengukur suatu panjang dan sudut pada segitiga. Disekolah kita pasti sering bertanya-tanya apakah keuntungan mempelajari ini, padahal trigonometri senderi berguna dalamberbagai hal semisal bidang astronomi, seismologi, optik, meteorologi dll.

12. Teorema Phytagoras 
Dalam bahasa Thailand, Teorema//teori pitagoras dikenal dengan ทฤษฎีบทพีทาโกรัสòt phii thaa goo rát). Adalah suatu konsep teori mengenai hubungan antar sisi pada segitiga siku-siku dan dirumuskan dengan persamaan a2 + b2 = c2 

13. Kalkulus 
แคลคูลัส (Khlae khuu lát) atau dalam bahasa Indonesia disebut kalkulus merupakan cabang besar dalam ilmu matematika yang mencakup integral, limit, deret dan turunan.

14. Integral ปริพันธ์ (bpà-rí-pan)
Merupakan cabang matematika dari Kalkulus.

15. Aljabar 
พีชคณิต (Phii chá khá nít) atau aljabar adalah cabang matematika dari Kalkulus yang mempelajari tentang persamaan dalam mencari nilai variabel, contoh:
a²+a³+a⁴
xy²+2y

16. Bangun/geometri 
Geometri atau เรขาคณิต (Ree khǎa khá nít) merupakan cabang matematika dari Kalkulus yang membahas tentang bentuk bangun dua dimensi maupun bangun tiga dimensi, contoh:
  • Lingkaran (วง) Wong
  • Segitiga (สามเหลี่ยม) Sǎam lìam
  • Persegi (สี่เหลี่ยม) Sìi lìam
  • Persegi panjang (สี่เหลี่ยมผืนผ้า) Sìi lìam phěun phâa
  • Segi lima (ห้าเหลี่ยม) Hâa lìam
  • Kubus (ทรงลูกบาศก์) Song lûuk bàat
  • jajar genjang (สี่เหลี่ยมด้านขนาน) Sìi lìam dâan kà năan
  • Trapesium (สี่เหลี่ยมคางหมู) Sìi lìam khaang mǔu
  • Bulat (กลม) Glom
  • Prisma (ปริซึ่ม) Prì sêum
  • Limas (พีระมิด) Phii rá mít
  • Oval (กลมรี) Glom rii
17. Jari-jari เส้นรัศมี Sêen rát sà mǐi
18. Diameter เส้นผ่านศูนย์กลาง Sêen phàan sǔun glaang

Sekian sharing-sharing kita tentang dunia matematika, untuk selanjutnya akan ada soal mengenai matematika untuk mengukur kemampuan membaca kalian. Semoga bermanfaat :)

Komentar