Kota-Kota Besar di Thailand

 


Bangkok (กรุงเทพมหานคร)
    Merupakan kota terbesar di Thailand dan merupakan pusat dari seluruh kegiatan perekonomian, pendidikan, kebudayaan, politik dan kebijakan publik. Di kota ini pula keluarga Kerajaan Thailand tinggal dan melakukan berbagai upacara kerajaan. Bila disamakan,maka Bangkok merupakan sister city dari Jakarta. Tidak hanya banyak memiliki gedung pencakar langit, kota Bangkok juga memiliki banyak kuil dan pasar tradisional sehingga membuat Bangkok bukan hanya sebagai kota bisnis namun juga kota pariwisata. Seperti halnya dengan ibukota lain di Asia tenggara, Bangkok juga memiliki sisi kumuh, namun hal itu tidak mengurangi sisi indah dari Thailand. Banyak objek wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata budaya, religi, kuliner dan bahkan wisata seni kontemporer. Harga makanan dan akomodasi di Bangkok pun tergolong murah dan kurang lebih sama dengan biaya di Surabaya.





Bangkok Raya (Bangkok Metropolitan Region)
    Bangkok raya ialah kumpulan beberapa provinsi yang menjadi tetangga sekaligus kota satelit dari Bankok. Bila kita bandingkan dengan wilayah di Indonesia, Bangkok raya mirip dengan kawasan Jabodetabek. Namun bedanya yg menjadi satelit dari bangkok adalah provinsi, bukan kota. Provinsi yang menjadi bagian dari Bangkok Raya antara lain Nakhon PathomNonthaburiPathum ThaniSamut PrakanSamut Sakhon. Di Provinsi-provinsi tersebut kita bisa merasakan suasana perkotaan modern bagai di Bangkok namun dengan suasana yang tidak terlalu ramai/macet seperti di Bangkok, selain di provinsi satelit ini kita masih dapat menemui banyak lahan pertanian
 

Chiang Mai (เชียงใหม่)
    Adalah kota terbesar di wilayah bagian utara Thailand, terletak di provinsi Chiang Mai. Kota ini maju dalam bidang perekonomian, pembangunan dan pariwisata. Setiap tahun Chiang Mai dikunjungi oleh banyak wisatawan domestik dan mancanegara. Wisata yang paling menonjol di Chiang Mai adalah wisata kebudayaan dan wisata alam, karena di seantero Chiang Mai tersebar banyak kuil dan terdapat banyak taman nasional. Walaupun jauh dari ibukota, turis tidak akan kesulitan bila berwisata kesini karena banyak penduduk lokal yang paham bahasa Inggris. Jika kalian pernah mengikuti vlog Ria Sw, disinilah lokasi mie legendaris yang permangkoknya hanya seharga 3 bath.


Hatyai (หาดใหญ่)
    Hatyai merupakan kota terbesar di wilayah bagian selatan Thailand, dan merupakan kota terbesar ketiga di negara Thailand. Terletak di provinsi Songkhla dan dekat dengan perbatasan Thailand-Malaysia. Bila dibandingkan dengan daerah lain di Thailand selatan, Hatyai memiliki pembangunan yang sangat intens, hotel-hotel dan gedung tinggi lain. Wisata yang ditawarkan di Hatyai mulai dari wisata alam seperti pantai, bukit, pasar tradisional, kuil, klenteng dan juga masjid. Karena dekat dengan Malaysia, hatyai banyak memiliki penduduk suku melayu pattani.




Phuket (ภูเก็ต)
    Pernah denger nama Phuket? pasti pernah dong, siapa sih yang gak tau phuket. Kota Phuket adalah sebuah kota yang terletak dibagian tenggara pulau Phuket. Kota Phuket menjadi ibukota di provinsi Phuket dan termasuk jajaran kota besar yang berada di wilayah Thailand bagian selatan. Perekonomian kota dan provinsi ini sebagian besar disumbangkan dari hasil sektor pariwisata. Tak heran bila di pulau ini banyak dibangun hotel, tempat atraksi, paket wisata bahari dan berbagai infrastruktur lainnya untuk menunjang sektor pariwisata. Ibaratnya pulau ini bagaikan pulau Balinya Thailand atau pulau Jejunya Thailand. Walaupun biaya akomodasi dan makanan di kota ini lebih mahal di banding kota lain, namun masih dapat kita jangkau dan tidak mengecewakan.

    Sebenarnya pada beberapa sumber terdapat perbedaan urutan provinsi dan kota terbesar di Thailand, karena rujukan dan parameter yang digunakan juga berbeda. Ada yang melakukan rangking berdasarkan jumlah penduduk, ada yang berdasarkan luas wilayah dan pembangunan, ada pula yang melakukan rangking berdasarkan besarnya investasi yang masuk. Kelima urutan di atas adalah urutan kota besar secara umum yang saya urutkan dari beberapa aspek seperti ekonomi, jumlah penduduk, pendidikan, infrastuktur dan banyaknya wisatawan yang berkunjung

Komentar