Fungsi เป็น (Pen)

 

เป็น (Pen) merupakan kata yang tergolong sering digunakan dan hal yang fundamental dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Thailand. Kata ini memiliki 3 fungsi utama yang berbeda-beda tergantung dimana เป็น diletakkan, apakah ditengan atau diakhir kalimat. Konsep dasarnya adalah sebagai berikut

1. Sebagai tobe

    Sebenernya ini cuma istilah untuk mempermudah penutur bahasa Inggris belajar bahasa Thailand, kalau di bahasa Indonesia maknanya mirip dengan kata "adalah", "sebagai", "seorang", dan terkadang tidak diterjemahkan ke bahasa indonesia karena sifatnya sebagai "to be" (contohnya seperti to be "am" pada kalimat "I am happy". Disini kata "am" tidak diterjemahkan menjadi "aku adalah senang", namun diterjemahkan "aku senang" karena "am" hanyalah sebagai to be dalam aturan grammar, sehingga tidak ikut diterjemahkan)

Kata เป็น digunakan untuk menjelaskan nama pekerjaan seseorang, status dan keadaan seseorang
Contohnya:
ผมเป็นนักเรียน (phŏm pen nák rian) aku adalah seorang pelajar.
ผมเป็นพ่อของคุณ (phŏm pen phôo khŏong khun) aku adalah ayahmu.

Note: Dalam konteks kalimat diatas, karena menjelaskan pekerjaan dan status maka disini pen bermakna "adalah".

เป็นอะไร (pen àrai) ada apa nih?
เป็นยังไงบ้าง (pen yang ngai bâang) gimana kabarnya?
เป็นปวดท้อง (pen pùat thóong) sakit perut

Note: Dalam konteks 3 kalimat diatas, pen digunakan untuk bertanya atau menyatakan suatu keadaan. Disini kata pen tidak dapat diterjemahkan secara langsung.

2. Sebagai kata kerja 

Apabila pen terletak setelah subjek (kata kata ganti) atau setelah kata "อยาก" dan "จะ" serta bukan menjelaskan tentang jenis pekerjaan, status dan kondisi, maka pen bermakna "menjadi".

Contoh: 
มอยากเป็นตำรวจ (phŏm yàak pen tamrùat) aku ingin menjadi polisi
ผมจะเป็นลูกที่ดี (phŏm jà pen lôuk thîi dii) aku akan menjadi anak yang baik.
ผมจะเป็นคนแรกที่... (phŏm jà pen khon râek thii..) aku akan menjadi orang pertama yang...

2. Menyatakan "Bisa"

Bila diletakkan diakhir kalimat, maka fungsinya untuk menyatakan "bisa". Digunakan untuk menyatakan bisa terhadap suatu aktifitas atau pekerjaan yang membutuhkan keahlian, skill dan latihan yang berulang-ulang hingga bisa.
Contoh:
ผมทำอาหารเป็น (phŏm tham aahăan pen) aku bisa masak
ผมทำอาหารไม่เป็น (phŏm tham aahăan mâi pen) Aku tidak bisa (mahir) memasak

Komentar