Tanda dan Simbol dalam Tulisan Thailand




สวัสดีครับทุกคน
    Kembali lagi di blog Thailandia. Pernah gak sih kalian ngerasa udah hafal konsonan dan vokal Thailand tapi ada satu simbol yang kalian  gak tau fungsinya apaan. Nah kali kita akan membahas beberapa tanda atau simbol dalam tulisan Thailand yang belum kita pelajari pada materi konsonan dan materi vokal yang lalu. Sebagian besar sih tanda/simbol di bawah ini merupakan simbol yang sering dipakai dan muncul dalam kehidupan sehari-hari. Check it out.


1. (reu/ri) ini sebenernya merupakan aksara, namun tidak termasuk kedalam 44 aksara Thailand karena aksara ini adalah aksara yang sudah memiliki vokal.
Contoh:
ฤดู (Réu duu) 
ฤกษ์ (Rêuk)
อังกฤษ (Anggrìt)

2. (leu) ini juga merupakan salah satu aksara yang tidak termasuk kedalam 44 konsonan Thailand dikarenakan aksara ini adalah aksara yang sudah memiliki vokal. Dalam kosa kata sehari-hari, ฦ (leu) ini termasuk jarang.

3. tanda ini digunakan untuk memanjangkan vokal dari ฤ (reu) dan ฦ (leu), Contoh:
ฤษี (Réu-sǐi)
ฤๅษี (Reuu sǐi)

4. tanda ini bernama ไม้ยมก (mái yá-mók). Digunakan apabila kita ingin mengulang suatu kata (reduplikasi), contoh:
มาก (Mâak)
มากๆ (Mâak mâak)
มากๆๆ (Mâak mâak mâak)

5.   memiliki nama ไปยาลน้อย (pai yaan nói), tanda ini pada zaman dahulu sering digunakan untuk menyingkat nama- nama yang panjang. Terkadang saat ini juga masih digunakan, contoh:
กรุงเทพฯ (grung thêep) merupakan singkatan dari กรุงเทพมหานคร (grung thêep má hăa ná-khon)

6. ฯลฯ tanda ini bernama ไปยาลใหญ่ (pai yaan yài) dan merupakan singkatan dari และอื่นๆ (láe èun èun), adalah tanda yang digunakan untuk menuliskan "dan lain-lain" (dll,etc). Contoh:
ตอนนี้ผมกำลังกินส้ม องุ่น ขนุน ฯลฯ
(Ton níi phǒm gamlang gin sôm, àngùn, khànŭn láe èun èun)
Sekarang saya sedang makan jeruk, anggur, nangka dll.

7. อ็ tanda yang memiliki nama ไม้ไต่คู้ (mái tàai khúu) ini berfungsi untuk memperpendek vokal, namun tanda ini diletakkan di atas huruf konsonannya, bukan di atas huruf vokalnya. Contoh:
เดก (Dèek)
เด็ก (Dèk)

จอบ (Jòop)
จ็อบ (Jop

Note: Jangan lupa ya... Walaupun fungsinya adalah untuk memperpendek vokal, tapi simbol ini diletakkan di atas konsonannya.
จ็อบ ✓
จอ็บ X

8. อฺ Satu titik kecil ini bernama พินทุ (Phinthu) fungsi dari titik ini adalah untuk membuat mati huruf/konsonan. Konsep ini sama seperti virama dalam aksara brahmik atau pangkon dalam aksara Jawa. Namun saat ini sudah tidak banyak digunakan dan hanya digunakan untuk menuliskan serapan dari bahasa lain semisal bahasa Arab. Tidak banyak digunakan karena pada saat ini huruf konsonan di akhir kata tanpa adanya "Phinthu" pun bisa dibaca mati.
ธมฺมา (Thammaa)
อญฺชลี (An cha lii)
สูเราะฮฺ อัล ฟาติหะฮฺ (Suuroh al faatihah)

9. อ์ tanda ini bernama ทัณฑฆาต (tan-tá-khâat) atau การันต์ (gaa raan).  Kalau kalian menemukan tanda/simbol ini diatas suatu konsonan,maka konsonan tersebut tidak dibaca, contoh:
ไมล์ (Mai) 
ไทน์ (Thai)

*Perbedaan antara Phinthu (อฺ) dengan Gaa raan (อ์) yaitu, jika ada konsonan yang terdapat simbol phintu maka konsonan tersebut tetap diucapkan namun tidak memiliki vokal (alias dibaca mati). sedangkan jika ada konsonan yang terdapat simbol gaa raan, maka konsonan tersebut sama sekali tidak dibaca. 
มอลฺ dibaca "Mool" atau "Moon".
มอล์ dibaca "Moo", huruf L (ล) sama sekali tidak dibaca.

10. dikenal dengan คั่นคู่ (Khân khûu) atau ขั้นคู่ (Khân khûu) merupakan sebuah tanda/simbol untuk  menandai akhir dari sebuah chapter.

11. ฿ dibaca บาท (bàat), merupakan simbol mata uang yang ada di Thailand. Contoh:
฿100 (ร้อยบาท) Rói bàat
฿50 (ห้าสิบบาท) Hâa sìp bàat 

12. Tanda nada
อ้ (ไม้โท) Mái thoo => Memiliki bentuk seperti kecebong atau mirip hamzah pada bahasa arab. Dapat memasuki semua kelas konsonan.
อ่ (ไม้เอก) Mái èek => Mái èek berbentuk garis lurus pendek. Dapat masuk pada semua kelas konsonan
อ๊ (ไม้ตรี) Mái trii => Berbentuk seperti kumis, mái trii hanya dapat masuk ke konsonan kelas tengah
อ๋ (ไม้จัตวา) Mái jàt tà waa => Memiliki bentuk seperti "tambah (+)", tanda juga ini hanya dapat masuk ke konsonan kelas tengah



Gimana, sudah paham kan? Jadi kalau kalian nemuin tanda/simbol diatas, maka jangan bingung fungsinya apa ya... Jangan lupa ditulis di buku catatan ^_^

Komentar