Hantu-Hantu di Thailand



Bicara soal hantu emang gak ada habisnya. Karena Thiland juga merupakan bagian dari Asia tenggara maka kepercayaan masyarakat disana mengenai roh-roh dan dunia lain masih cukup kental. Ada banyak jenis-jenis hantu di Thailand, bahkan banyak diantaranya yang mirip dengan hantu di Indonesia. Apa sajakah hantu-hantunya, mari kita simak beberapa hantu yang ada di Thailand.

Hantu
1. ผีตายทั้งกลม (Phǐi taai tháng glom)
    Hantu ini mirip dengan kuntilanak, memakai gaun warnaputih dengan rambut panjang terurai dan menggendong bayi. Dipercaya hantu ini berasal dari wanita yang hamil atau setelah melahirkan dan masih memiliki dendam dengan seseorang.

2. ปู่โสมเฝ้าทรัพย์ (Pùu sŏom fâo sáp)
    Merupakan jin penjaga goa, tempat harta atau tempat bersejarah berupa sesosok kakek-kakek berambut putih dan memakai pakaian seperti orang jaman dahulu. Jin ini akan mencelakai atau membuat tersesat orang yang memiliki niat buruk.

3. เปรต (Prèet)
    Prèet adalah makhluk golongan setan atau jin. Menurut kepercayaan masyarakat buddhis di Thailand prèet ini dulunya adalah manusia yang durhaka dan pernah menyakiti orang tua pada masa hidupnya. Karena berbuat dosa besar maka rohnya disiksa dan dilahirkan kembali menjadi setan atau jin. Prèet sendiri selalu memiliki rasa lapar yang teramat sangat. Ia akan memakan daging, darah dan nanahnya sendiri hingga kenyang. Ada pula yang memakan kotoran dan makanan sisa dari manusia. Jin ini terkadang dipercaya muncul saat perayaan tertentu untuk meminta pahala agar dapat ber-reinkarnasi terlahir kembali menjadi manusia. 

4. ผีตายโหง (Phǐi taai hŏong)
    Merupakan hantu/ roh jahat dari orang yang meninggal karena kekerasan atau kecelekaan. Bentuk dari hantu ini beragam tergantung bagaimana dia meninggal. Ada yang penuh luka dan darah, ada yang wajahnya rusak, ada yang anggota tubuhnya tidak lengkap dan bermacam-macam lainnya. Sering menampakkan diri di jalan, hutan dan rumah kosong pada malam hari. 

5. ผีกองกอย (Phǐi goong gooy)
    Hantu ini adalah hantu yang bertempat tinggal di dalam hutan dan daerah daerah terpencil. Memiliki tubuh langsing kecil dengan perut buncit dan bergigi dan taring tajam. Kulitnya ditutupi oleh bulu-bulu mirip monyet dan jalannya lompat-lompat karenahanya memiliki satu kaki. Suka memakan ikan dan terkadang juga menyerang manusiadengan memakan organ dalamnya. Pada saat muncul, hantu ini akan mengeluarkan suara gooy gooy dan memecah kesunyian malam.

6. ผีหัวขาด (Phǐi hŭa khàat)
    Mirip hantu jeruk purut, hantu ini juga merupakan hantu kepala buntung yang berkeliling tempat sambil menenteng kepalanya sendiri yang penuh darah dan rusak. Dipercaya hantu ini berasal dari orang mati yang kepalanya pecah atau putus, baik karena kecelakaan ataupun hukuman. 

7. ผีอำ (Phǐi am)
    Hantu yang satu ini merupakan hantu usil yang suka menduduki dan menimpa dada orang yang sedang tidur di malam hari. Orang yang diduki akan sadar namun tidak bisa bergerak dan tidak bisa berbicara, terkadang beberapa orang akan melihat wujud dari hantu ini. Kalau dilihat-lihat, kasus ini mirip ketindihan di Indonesia. 

8. กระหัง (Grà hăng)
    Merupakan hantu yang bisa terbang berwujud laki-laki, hanya menggunakan celana tradisional Thai dan memekang nampah bambu. Biasa berkeliaran pada malamhari untuk mengganggu manusia khususnya wanita. 

9. กระสือ (Grà sĕu)
    Sama halnya dengan kuyang atau palasik, hantu ini adalah hantu kepala dengan organ tubuh yang melayang-layang. Termasuk praktik ilmu hitam dan biasa berkeliaran pada malam hari hingga subuh untuk mencari dan memakan bayi atau organ tubuh ibu yang baru lahir. Menurut kepercayaan orang Thailand, hantu ini takut dengan duri dari tanaman jujube. Untuk mengusir hantu ini, kalian hanya perlu menaruh duri tanaman jujube di kamar atau menaruhnya di bawah rumah (rumah panggung di thailand). Setan ini tidak bisa mati kecuali ia telah mentransfer ilmunya kepada keturunannya lewat ludah, setelah itu makhluk ini baru bisa mati.

Siluman
เสือสมิง (Sĕua sà mĭng) 
    Merupakan siluman harimau yang biasa ada di hutan hutan dan desa sekitar hutan di Thailand. Ada dua teori tentang siluman ini, yang pertama yaitu makhluk ini berasal dari bangsa siluman yang menjaga hutan. Teori kedua menyebut bahwa makhluk ini berasal dari manusia biasa yang memakai ilmu hitam dan berubah menjadi harimau pada malam hari untuk mencari mangsa (manusia).

ผีงู (Phǐi nguu)
    Dikenal juga sebagai พรายงู atau เงือกงู, merupakan siluman ular dengan bentuk ular besar atau terkadang berbentuk setengah ular setengah manusia. Siluman ini mirip sekali dengan Nyi Blorong yang ada di Jawa.

    Sebenernya masih banyak hantu hantu lainnya yang belum disebut, namun karena banyak dan berbeda beda di setiap provinsi perbatasan maka tidak memungkinkan untuk ditulis. Misalnya di daerah Thailand selatan yang berbatasan dengan malaysia seperti Pattani, Yala, Narathiwat dan Satun. Disana banyak terdapat suku melayu dan mempercayai keberadaan jin dan hantu seperti pocong dan pontianak (kuntilanak).

Note: Hantu hantu diatas memang sengaja tidak diberi foto. Kalian dapat mencarinya sendiri di google dengan mencopy nama nama hantu dalam artikel ini. 

Komentar