Latihan Menulis dan Membaca Aksara Thailand



สวัสดีครับ
    Hi semua, balik lagi nih di sesi Quiz Thailandia. Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang Konsonan, vokal, konsonan ganda, vokal turunan dan simbol dalam tulisan Thailand, maka kali ini saatnya untuk mengukur hasil belajar kita. Akan tersedia beberapa level pertanyaan yang masing masing level harus kalian kerjakan yaitu  Level Bon cabe (Mudah), Level Samyang (Sedang) dan level Ghibah (Sulit). Silahkan tulis jawabannya dibuku!

 Level Bon cabe
a. Level ini termasuk mudah dan merupakan bahasa indonesia yang ditulis dengan tulisan Thailan dan menggunakan sistem spasi. Silahkan tuliskan romanji/bacaannya menggunakan tulisan latin biasa!
  1. นีนา มาอู มาขัน ดูลู ยา
  2. มามา หารี อีนี อาคัน จาลาน จาลาน
  3. ปีรีง บารู ดารี ขาโด
  4. ขำบิง หีตำ อาขัน จาดี ขอนสุมสี
  5. บาหายา จางัน ดาตัง
b. Kini sebaliknya, ubahlah tulisan latin dibawah ini menjadi tulisan Thailand (jika ada huruf yang memiliki lebih dari 1 aksara, kalian dibebaskan mau pakai yang mana saja)
  1. Aakhuu iinii tidak giilaa dan buruk ruupaa
  2. Khaapan khaamuu aakhan mandii
  3. Lupaa lupaa 
  4. Maaling aayam
  5. Khuthuk dia

Level Samyang
    Level ini merupakan level pertengahan dimana kalian akan menebak romanji dari suatu kata dalam bahasa dan tulisan Thailand, namun masih menggunakan sistem spasi. Mohon hanya perhatikan pada huruf konsonan dan vokalnya saja, jangan hiraukan tanda nadanya.
  1. ผม ชอบ คุณ ตั้งแต่ ผม ได้ รู้จัก คุณ
  2. ไม่ กิน อาหาร ที่ ผม ไม่ ชอบ
  3. ปลา และ ปู มี ราคา แพง มาก
  4. ร้าน อาหาร ที่ ผม ชอบ
  5. คิด คิด ไม่ ถึง

Level Ghibah
    Di level ini soal akan menggunakan bahasa dan tulisan Thailand dan tanpa sistem spasi, jadi akan dibuat sesuai sistem penulisan Thailand yang digunakan di negri asalnya. Pada soal-soal ini mohon hanya perhatikan pada huruf konsonan dan vokalnya saja, jangan hiraukan tanda nadanya.
  1. สวัสดีครับทุกคน
  2. วันนี้เราจะฝึกเขียนภาษาไทย
  3. ไม่ใช่แบบนั้น
  4. กรุงเทพมหานคร
  5. โรงเรียนและมหาวิทยาลัย
    Sekian dulu latihan kali ini, setelah mengerjakan soal-soal diatas kalian bisa melihat kunci jawabannya DISINI. Jangan ragu untuk mengerjakan latihan ini, kalau belum hafal knsonan dan vokal, kalian boleh kok membuka catatan, yang penting Jangan Menyerah Sebelum Berusaha!

Komentar